Jumat, 15 Maret 2013

MENYIMPULKAN ISI CERAMAH


MENYIMPULKAN ISI CERAMAH 

1.     Nama acara                           :           Islam Itu Indah.
2.    Tema                                    :           Menjadi hamba Allah.

3.    Stasiun penayangan                 :           Trans TV.
4.    Hari dan tanggal                     :           Selasa, 15 Januari 2013.
5.    Waktu                                   :           05.30 – 06.30 WIB.
6.    Pemandu acara                      :           Ustad Muhamad Nur Maulana.
7.    Narasumber                           :           Ustad muhamad Nur Maulana.
8.    Bintang tamu                         :           - Cut Meiriska.                                                                                                            
9.    Hal yang disampaikan             :

 Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatu.                                                                                  Jamaah oh jamaah, alhamdulilllah.
Alhamdulillah, segala sukur kita kepada Allah SWT apabila kita menjadi manusia yang diharapkan. Arti dari yang diharapkan adalah menjadi yang dicita-citakan. Apalagi sesuai dengan harapan Sang Pencipta yaitu Allah karena kita merupakan hamba Allah. Maka tema yang akan diangkat adalah “Menjadi Hamba Allah”.
Menjadi hamba Allah tidak mudah, sebab harus melalui proses. Hamba manusia diperbudak manusia, hamba kesibukan disibukkan oleh sesuatu. Sesibuk apapun, jangan sampai meninggalkan shalat, utamakan shalat. Sesuatu yang terbaik adalah bagaimana seseorang menempatkan diri pada posisi sebenarnya. Manusia diciptakan oleh Allah untuk menjadi hamba Allah, hanya kepada-Nya kita menyembah dan meminta bukan kepada yang lain. Berbicara manjadi hamba Allah itu luar biasa,memang tidak mudah harus melalui berbagai rintangan agar kita bisa mendapatkan cita-cita yang tertinggi yaitu menjadi hamba Allah. Maha besar Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya. Pada saat Idul fitri itu salah satu cara kita ditempatkan sebagai hamba Allah. Shalat mudah, tapi mendirikan shalat? bukan hanya mengerjakan, tapi mendirikan. Kalau hanya mengerjakan shalat anak kecil pun bisa.
Untuk menjadi hamba Allah, yang pertama tunjukkan dengan cara tunduk patuh,percaya, takut, ikhlas, istiqomah,dan teguh pada pendirian. Hamba Allah adalah orang yang paling takwa dan taat. Kalau sudah bisa meninggalkan urusan yang kurang penting, melawan nafsu dan melatih diri, itulah hamba Allah. Seorang sahabat Nabi pernah bertanya “ Ya Rasulullah, amal apa yang paling disukai Allah?”. Amal yang paling disukai Allah adalah shalat tepat waktu, jika masuk waktu shalat segera shalat.Yang kedua bila ingin dicintai Allah, berbuat baiklah pada orangtua. Anak durhaka itu, salah satu orang yang tidak pandai berterimakasih. Orang yang cinta pada orang tua pasti taat kepada Allah. Yang ketiga lillahi fi sabilillah (berjuang di jalan Allah), lakukanlah hal yang disukai Allah. Tapi manusia sering beranggapan ada tindakan yang salah oleh manusia lain . Contohnya seseorang ingin menegakan keadilan, tetapi dengan kekerasan. Sebenarnya itu cara terakhir, banyak cara yang lebih baik, salah satunya musyawarah karena islam adalah rahmatan lil alamin. Semua yang diperintahkan oleh Allah dan agama itu yang terbaik bagi manusia. Adanya keributan, mungkin karena pengetahuan tidak sama dan jalur pemikiran berbeda. Bila ingin menegakan sesuatu harus tahu ilmunya, laksanakan tindakan dengan akhlak dan diakhiri dengan kesabaran.
Kalau bicara dosa, hal yang dimurkai Allah. Bukan perihal dosanya, tapi pada siapa kau berdosa, tidak ada dosa kecil dan dosa besar. Kalau dosa kecil dilakukan berulang kali dan dilakukan pada banyak orang, sama saja dosa besar, apalagi meremehkan dosa. Mencuri, unuh, berzina, membunuh itu dimurkai Allah. Kalau tidak ingin dibenci Allh, jangan lakukan hal yang Allah benci. Bagaimana bila seeorang penzina dan pembunuh bertaubat saat sudah di penjara, berapa lama dosanya akan diampuni?. Semua dosa akan diampuni, dosa ada tiga yaitu berdosa pada Allah, dosa pada diri sendiri dan dosa pada manusia lain. Dosa pada Allah akan diampuni karena Allah Maha pengampun. Tapi dosa pada orang lain, harus meminta maaf pada orang yang kita dzalimi.
Jangan mengaku hamba Allah, jika kita belum takwa dan taat pada Allah, lebih baik diakui oleh Allah dari pada mengaku sebagai hamba Allah. Ada seseorang yang rajin beribadah dan taat, tapi doanya belum dikabulkan. Mungkin, Allah ingin kita lebih rajin beribadah dan lebih taat kepada-Nya. Jin dan manusia diciptakan untuk menjadi hamba Allah. InsyaAllah kita bisa menjadi yang Allah harapkan yaitu menjadi hamba Allah, amin ya rabbal alamin. Dan semoga pembicaraan pagi ini membawa manfaat, mohon maaf bila ada perkataan yang salah.                                                                                                                                                        
Wabillahi taufik wal hidayah,                                                                                           Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.                                                                                   Jamaah oh jamaah, alhamdulillah.



10.  Tanggapan     :

Memang benar manusia diciptakan untuk menjadi hamba Allah, karena Allah lah yang menciptakan manusia. Tidak boleh menyembah dan meminta kepada selain Allah. Untuk menjadi hamba Allah memang tidak mudah banyak rintangan yang harus dilalui, termasuk diri sendiri supaya  bisa menjadi hamba yang takwa dan taat kepada Allah. Jika ingin dicintai Allah, harus mentaati perintahnya dan menjauhi larangannya supaya terhindar dari dosa dan murka Allah, dan melakukan hal yang orangtua senangi (patuh pada orangtua) karena ridho orangtua adalah ridho Allah.

14 komentar:

  1. Terima Kasih Ini Sangat Bermanfaat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Blog ini udh gak aktif, move ya ke https://nurulhidayah66.blogspot.co.id/?m=1

      Hapus
  2. thanks!!! you saved my life

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Blog ini udh gak aktif, move ya ke https://nurulhidayah66.blogspot.co.id/?m=1

      Hapus
  3. Balasan
    1. Blog ini udh gak aktif, move ya ke https://nurulhidayah66.blogspot.co.id/?m=1

      Hapus
  4. Makasih ini sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blog ini udh gak aktif, move ya ke https://nurulhidayah66.blogspot.co.id/?m=1

      Hapus
  5. makasih mas informasinya, terus berbagi ceramah indah nya ya mas, dan saya akan jadi pengunjung setia blog anda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blog ini udh gak aktif, move ya ke https://nurulhidayah66.blogspot.co.id/?m=1

      Hapus