Jumat, 28 Juni 2013

'APA ARTI LONDON UNTUKKU' BY SKANDAR KEYNES

Selama aku duduk di bus nomor 4,
aku jadi lebih mengerti apa arti london untukku.
Sepanjang perjalanan menuju sekolah dipagi hari,
aku melihat matahari terbit dengan lembut dari timur,
seakan membiaskan kota multikultural yang begitu
indah.
Aku melewati beragam daerah, dari perumahan besar, mansion, hingga apartemen megah.
Aku meliha torang-orang berbeda dari berbagai strata.
Di stasiun Highbury dan Islington,
aku melihat banyak tukang bangunan(mengenakan overall yang banyaktertimpa cat dan menundukkan kepala mereka dikarenakan kendala ketinggian).
Di Angel,
aku melihat banyak anak-anaksekolah dari berbagai macam sekolah saling membaur,
dipersatukan oleh common enemy of school.
Aku melewati jalan besar yang ribut dan padat,
dimana kau sulit untuk melihatdalam jarak pandang 10 mete rkedepannya,
dan kau melihat beberapa jalanan kecil yang dindingnya banyak dihiasi oleh grafiti beropini.
Selama bus ini berjalan ke arah City,
aku bisa melihatsecara dekat berbagai macam pemandangan untuk memahami apa artisebuah ‘London’.
Dalam perlanan pulang,
aku juga melihatpemandangan yang sama tetapi yang membuatnya berbeda hanya orang-orangnya,
yang mereda, mempersiapkanuntuk keesokan harinya.
Dengan latar belakang matahari terbenam,
beragam masyarakat London, lelah dengan aktivitas hariannya,
menaiki bus dan berjalan menuju ke rumah masing-masing.
Arti London untukku sendiri adalah rutebus,
yang membawaku menuju dan pulangdari sekolah,
dan membawa banyak orang dengan beragam macam kehidupan.
Ini menunjukkan jati diri kota London,
kombinasi manusia-manusia dari beragam etnis.
Untukku, London adalah ‘weekday' di pagi hari,
dengan orang-orang yangduduk bersebelahan’.
Sekelompok kecilorang yang lima puluh tahun lalu,
belum tentu mau duduk berdesak-desakan,
dan mungkin juga bertebaran di seluruh dunia.
Menurutku ini suatu pencapaian yang baik,
yang sudah membuat kota ini menjadilebih modern,
dan membuat kota-kota lainlebih terpacu untuk bisa seperti ini juga
.Inilah arti London untukku,
sebuah kesuksesan. 

Skandar Keynes 4s Cited: The Citizen 2006
 
 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar