Jumat, 15 Maret 2013

OBAT DESTRO



Obat Destro



Obat destro yang diketahui sebagai obat batuk  kian digandrungi  kalangan palajar.  Data dari Satuan Reserse Narkoba Polres  Sorong Kot, Papua Barat mengungkapkan  bahwa penggunaan obat batuk yang dijual bebas terbatas  di apotek-itu  cukup menyedot perhatian. Pasalnya akhir-akhir ini dari hasil penyelidikan, banyak kalangan pelajar yang mengonsumsi obat  Destro  dalam ukuran yang berlebihan.

Diduga  obat batuk itu disalahgunakan untuk mabuk-mabukan.  Dengan  harga yang murah serta  mudah didapatkan di apotek membuat penyalahgunaan obat destroy dikalangan pelajar kian marak. Demikian disampaikan  Kasat Res Narkoba Iptu Indra L. Sihombing

kepada Koran ini. Menurutnya,  dari data penyelidikan sebelumnya, penggunaan obat destroy  ditingkat kalangan pelajar dan remaja mengalami peningkatan hingga 10 persen.

Lonjakan tersebut, didapatkan dari hasil pengamatan, penyelidikan dan informasi dimasyarakat dalam kurun waktu tiga bulan terakhir. Peningkatan penyalahgunaan obat destro membuat  Sat  Res Narkob untuk mengambil tindakan.


“Dari data sebelumnya, kita dapatkan informasi adanya peningkatan penyalahgunaan obat ini, sehingga ini menjadi salah satu program kita untuk mengambil langkah-langkah guna mengatasinya,” ujar Iptu Indra seperti yang dilansir Radar Sorong (JPNN Group), Kamis (7/2).

Menurut Kasat Narkoba, pengaruh dari penggunaan obat Destro dalam dosis berlebihan akan mengakibatkan pemakainya berhalusinasi. Hal ini yang menunjukan adanya penyalahgunaan obat dengan tujuan dan dosis yang salah, dimana bukan digunakan untuk obat batuk melainkan agar pemakainya terkesan berhalusinasi alias mabuk.  Dalam pemakaian dosis berlebihan dengan jangka waktu panjang, juga berdampak resiko lebih tinggi. “Yang g jelas, dapat merusak generasi muda kita, karena pengaruh dan dampak obat ini,”imbuhnya.

Menyikapi hal ini, Kasat Narkoban mengatakan,  pihaknya akan bekerjasama dengan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Cabang Sorong untuk mengambil langkah pencegahan . “Kita mengharapkan agar dapat mengambil tindakan sesuai Undang-Undang Kesehatan dan Undang-Undang  Perlindungan Konsumen bilamana ditemukan penyalahgunaan obat ini,” ungkapnya.(reg)


·         Manfaat  Dan Bahaya Obat Destro

Obat ini banyak disalahgunakan dan dikonsumsi remaja untuk mabuk. Kasus mengkonsumsi obat dosis tinggi jenis Dextro untuk mabuk sudah merambah di daerah ini, sehingga perlu menjadi perhatian semua pihak termasuk pemilik apotek. Hal itu dinyatakan anggota Komisi III DPRD Kabupaten Mukomuko, Rusma Aswardi, di Mukomuko, Senin.

Ia mengatakan, “Setiap ada acara pesta pernikahan, anak-anak remaja sering mabuk dan indikasi mengunakan obat-obatan Dextro sangat kuat karena pengakuan dari mereka sendiri”.

Pelajar bisa membeli Dextro karena harganya murah dan sangat mudah dibeli di apotek-apotek di kota itu.

Hingga kini, kata dia, obat dosis tinggi masih bebas beredar di sejumlah apotek di daerah ini, tanpa ada tindakan pengawasan baik dari pemerintah setempat maupun dinas kesehatan. obat dextro efek pil dextro kegunaan obat dextro

Seharusnya, kata dia, sebelum obat dijual, harus dilakukan pemeriksaan yang menyatakan bahwa pasien positif menderita penyakit sesak napas. Bagi yang tidak ada rujukan pemeriksaan, maka mereka jangan dilayani.

“Memang obat ini tidak termasuk kategori narkotika dan obat-obatan terlarang, tetapi pemakaian dalam jumlah yang besar justru akan berdampak negatif dan bisa mematikan,” urainya.

Untuk mencegah generasi penerus rusak akibat mengkonsumsi obat-obatan tidak sesuai petunjuk dari dokter, maka perlu peraturan yang mengatur dan membatasi supaya obat-obatan dosis tinggi tidak bebas diperjualbelikan. kandungan dextro kandungan pil dextro

Sehingga, lanjutnya, payung hukum tersebut bisa menjadi batasan bagi pemilik apotek tidak sembaran

menjual obat-obatan itu kepada remaja.

Ia menerangkan, dalam proses penyusunan peraturan daerah perlu dilibatkan semua pihak seperti dinas kesehatan, kepolisian, karena dua instansi ini memiliki cara untuk membatasi dan memberikan sangsi secara hukum bagi yang mengkonsumsi dan menjual bebas. menetralisir dextro  sumber : surya.co.id


Menurut wikipedia Dextroamphetamine adalah obat psikostimulan yang dikenal untuk menghasilkan terjaga meningkat dan fokus serta nafsu makan menurun dan penurunan kelelahan.

Dextroamphetamine adalah dextrorotatory, atau "tangan kanan", stereoisomer dari molekul amfetamin. Molekul amfetamin memiliki dua stereoisomer; levoamphetamine dan dextroamphetamine. Nama untuk dextroamphetamine termasuk d-amfetamin, dexamphetamine, dexamfetamine, dan (S )-(+)- amfetamin, dengan nama merek untuk memasukkan Dexedrine dan Dextrostat.

Garam dextroamphetamine merupakan sekitar 75% dari obat ADHD Adderall. Dextroamphetamine juga merupakan metabolit aktif dari prodrug lisdexamfetamine (VYVANSE), serta beberapa tua tersubstitusi-N prodrugs amfetamin digunakan sebagai anorectics, seperti clobenzorex (Asenlix), benzphetamine (Didrex), dan amphetaminil (Aponeuron).

Dextroamphetamine digunakan untuk pengobatan ADHD dan narkolepsi.
Dextroamphetamine juga dapat digunakan untuk obesitas eksogen dan pengobatan anti depresi. en.wikipedia.org


·         Bahaya Destro

Dextromethorphan atau sering di singkat Dextro/DMP, adalah obat batuk "over the counter" (OTC) yang disetujui penggunaannya pertama kali pada tahun 1958 .
OTC artinya dapat di beli secara bebas, tanpa resep .
Walaupun demikian, obat ini hanya boleh dijualdi toko obat berizin.

DMP atau Dextromethorphan Hydrobromide adalah senyawa sintetik yang terkandung dalam berbagai jenis obat batuk yang bersifat antitussive untuk meredam batuk .
Ciri khas obat batuk yang mengandung DMP ini biasanya di beri label “DM” .
Meskipun ada dalam bentuk murni, DMP biasanya berupa bentuk kombinasi .
Artinya, dalam satu tablet, selain DMP juga terdapat obat lain seperti parasetamol (anti nyeri anti demam), CTM (anti histamin), psuedoefedrin/fenil propanolamin (dekongestan), atau guafenesin .

Manfaat utama DMP adalah menekan batuk akibat iritasi tenggorokan dan saluran napas bronkhial, terutama pada kasus batuk pilek .
Obat ini bekerja sentral, yaitu pada pusat batuk di otak .
Caranya dengan menaikkan ambang batas rangsang batuk .
Sebagai catatan, beberapa obat batuk lain bekerja langsung di saluran napas .
Untuk mengusir batuk, dosis yang di anjurkan adalah 15 mg sampai 30 mg yang d imi num 3 kali sehari . Dengan dosis sebesar ini, DMP relatif aman dan efek samping jarang terjadi .

Obat ini banyak di salah gunakan dan di konsumsi remaja untuk mabuk .
Kasus mengkonsumsi obat dosis tinggi jenis Dextro untuk mabuk sudah merambah di daerah daerah,
 sehingga perlu menjadi perhatian semua pihak termasuk pemilik apotek .
Pelajar bisa membeli Dextro karena harganya murah dan sangat mudah di beli di apotek-apotek .
Hingga kini, obat dextro bebas beredar di daerah daerah, tanpa ada tindakan pengawasan baik dari pemerintah setempat maupun dinas kesehatan .

Penyalahgunaan DMP sering terjadi .
Penyebabnya, selain murah, obat ini juga relatif mudah di dapat .
Bentuk penyalahgunaannya antara lain adalah konsumsi dalam dosis besar (berpuluh-puluh butir) atau mengkonsumsi nya bersama alkohol atau narkoba .
Pada keadaan overdosis, terjadi berbagai macam efek samping .
Terjadi stimulasi ringan pada konsumsi sebesar 100-200 mg; euforia dan halusinasi pada dosis 200-400 mg; gangguan penglihatan dan hilangnya koordinasi gerak tubuh pada dos is 300-600 mg, dan terjadi sedasidisosiatif (perasaan bahwa jiwa dan raga berpisah) pada dosis 500-1500 mg .

Gejala lain yang terjadi akibat overdosis DMP adalah bicara kacau, gangguan berjalan, gampang tersinggung, berkeringat, dan bola mata berputar- putar (nistagmus) .
Penyalahgunaan sediaan kombinasi malah berefek lebih parah .
Komplikasi yang timbul dapat berupa peningkatan tekanan darah karena keracunan pseudoefedrin, kerusakan hati karena keracunan parasetamol , gangguan saraf dan sistem kardiovaskuler akibat keracunan CTM.
Alkohol atau narkotika lain yang telan bersama DMP dapat meningkatkan efek keracunan dan bahkan menimbulkan kematian .

1 komentar:

  1. Obat Anti Depresan Obat Penenang Pikiran Susah Tidur Terlengkap dan Termurah.
    Cara Order Cepat Via Sms
    Hp 081389604161
    BBM 5E10FDB4
    * Dumolid 5mg Rp170.000
    * Camlet 2mg Rp160.000
    * Somadril 350mg Rp170.000
    * XR 1.0mg Rp160.000
    * Riklona 2mgRp170.000
    * Ativan 2mg Rp160.000
    * Ritalin 10mg Rp150.000
    * Prohiper 10mg Rp170.000
    * Frixitas 1mg Rp160.000
    * Esilgan 2mg Rp160.000
    * Alprazolam 1mg Rp170.000
    * Apazol 100mg Rp160.000
    * Xanax 1mg Rp160.000
    * Valdimex Diazepam Rp150.000
    * Alganax 1mg Rp170.000 Dll.

    BalasHapus